|| 17 MEI : Hari Buku Nasional | 19 MEI : Hari Korps Cacat Veteran Indonesia | 20 MEI : Hari Kebangkitan Nasional & Hari Bakti Dokter Indonesia | 21 MEI : Hari Peringatan Reformasi | 23 MEI : Hari Penyu Sedunia | 29 MEI : Hari Keluarga | 30 MEI : Hari Memberi | 31 MEI : Hari Tanpa Tembakau Sedunia |||     

RADIO KARIMATA, PAMEKASAN – Setelah melalui verifikasi selama sekitar 3 Jam mulai pukul 09.00 Wib hingga pukul12.00 Wib, tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memastikan Radio Karimata berhak mendapat Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi tahun 2016, melalui program Bingkai Madura berupa karya Jurnalistik mini Features Radio yang peduli terhadap Seni dan Budaya di Madura.

“Berdasar penilaian sejumlah Juri nasional yang berkompeten Radio Karimata masuk Nominasi, sebenarnya sudah masuk tapi perlu verifikasi saja atas karya tersebut, dan kami pastikan dengan surat ini bahwa Radio Karimata berhak mendapat anugerah tersebut,” Papar Jatmiko Hari W salah satu tim verifikasi dari Kemendikbud RI di Studio Karimata, Senin (25/07/2016) Pagi.

Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi tahun 2016 terdapat 42 Nominasi se Indonesia, bahkan ada yang dari Warga Negara Asing (WNA) yang juga meraih penghargaan tersebut. Pengumuman tersebut sudah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Warisan dan Diplomasi Kebudayaan.  Dari 42 Nominasi terdiri dari 8 Katagori, salah satu katagori Bidang Media yang terdiri dari 3 Nominator, Yaitu Majalah Tempo, Radio Karimata dan Trans 7. Katagori tersebut terdiri dari Pelestari, Pencipta Pelopor dan Pembaru, Maestro Seni Tradisi, Anak dan Remaja, Perorangan Asing, Pemerintah Daerah, Media dan Katagori Komunitas.

Tim Verifikasi Kemendikbud antara lain terdiri dari Willy Hangguman - Penulis dan mantan wartawan, Jatmiko hari W Staf Kemendikbud, Yoki Rendra P Fotografer Kemendikbud dan Slamet Kameramen.

Menurut Yoki Rendra penilaian tersebut dimulai sejak bulan Mei 2016 hingga awal Juli 2016, untuk katagori media yang memenuhi syarat awal dan direkomendasikan ke Tim seleksi itu ada seratus lebih media TV dan Radio, semuanya menarik tapi harus dipilih 3 nominasi katagori media.

“Untuk TV memang Trans 7 yang masuk karena karya soal seni budaya sangat banyak dan menarik, sementara radio Karimata lebih unggul dari radio lain dengan pertimbangan ke lokalan serta karya yang berbeda dari program radio lain”, Tutur Yoki kepada radio Karimata.

Penetapan kelayakan radio Karimata sebagai penerima anugerah justru disampaikan oleh tim verifikasi saat On Air dalam acara dialog di radio Karimata Senin (25/07/2016) Siang. Bahkan dalam dialog tersebut justru tim menanyakan langsung kepada News And Programe Manager Radio Karimata FM Hendra Zulkarnain terkait program “Bingkai Madura” dengan materi Features tersebut.

“Kenapa membuat program Bingkai Madura?, bagaimana proses produksinya serta bagaimana perasaan saudara ketika terpilih untuk mendapat anugerah ini,” Tanya Willy Hangguman salah satu tim yang juga mantan wartawan media nasional tersebut

Setelah dijelaskan dengan panjang lebar tim memastikan radio Karimata berhak meraih Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi tahun 2016 dengan katagori media.

“Meraih itu mudah, namun mempertahankan serta menjaga idealisme sebagai media peduli Seni dan Budaya lokal, itu yang susah tapi kita harus mampu melakukannya,” Tegas Hendra Zulkarnain usai menerima surat keputusan tersebut.

Atas prestasi ini, sejumlah pihak menyampaikan selamat kepada Radio Karimata, salah satunya dari Pengurus Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Pusat yang mengucapkan selamat melalui email kepada Radio Karimata FM Pamekasan Madura karena masuk Nominasi Anugerah Kebudayaan Dan Maestro Seni Tradisi 2016 atas Karya Jurnalistik Features dalam Program Acara BINGKAI MADURA dalam kepedulian terhadap budaya lokal di Madura.

Sebelumnya radio karimata mendapat telpon dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta serta rilis berupa email dari Panitia Anugerah Kebudayaan Dan Maestro Seni Tradisi 2016, yang menyatakan Radio Karimata Pamekasan satu-satunya Media Radio dari Jawa Timur yang masuk nominasi tersebut, sementara  Majalah Tempo dan Trans 7 termasuk media Nasional. Sedangkan dari luar negeri katagori Perorangan asing serta anak dan Remaja berasal dari Swiss, Hongkong, Australia, Amerika dan lainnya.

Selain interview langsung dengan crew Karimata Tim juga merekam semua aktifitas serta produksi siaran radio Karimata FM. Dan usai penyerahan surat keputusan tersebut, tim foto bersama serta menyampaikan kesan dan pesan.

“Insyaallah akhir September sekitar tanggal 22an mas surat undangan untuk penyerahan piagam di Jakarta, saya ucapkan terimakasih dan senang karena dengan tugas ini saya bisa dua kali loh ke Pamekasan dan bisa bertemu dengan Saudara saya yang tugas di Koramil Tlanakan,” Ujar Jatmiko sambil tertawa didampingi saudaranya yang juga mampir di Radio Karimata.

Sekedar catatan juga selain anugerah dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, Radio Karimata juga pernah 3 besar atau nominasi dalam lomba karya Jurnalistik dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim berupa anugerah Piala Prapanca 2016 di gedung Grahadi Surabaya di bulan April 2016. (Ines/Hen)

Live Streaming

MITRA USAHA

 

 

   

 

 

 

 

Search

Who's Online

We have 59 guests and one member online

Logo Mitra Kerja

     

    

 

                                                        

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alamat

PT. RADIO SWARA KARIMATA

Jl.Raya Panglegur 123 Pamekasan
Tlp. 0324‐333555 / 333999
Fax. 0324‐331432